Jumat, 13 November 2015

belajar perbaiki aki motor

8 Tips Merawat Aki Motor Agar Tidak Mudah Soak

13 November 2014

Aki adalah salah satu komponen pada motor yang memiliki peran penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama agar starter motor Anda dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti head lamp, lampu sign, dan lampu indikator lainnya.

Oleh karena itu aki perlu dirawat agar tidah mudah soak (mati). Bayangkan saja apabila aki motor Anda soak, anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam berkendara karena lampu pada motor Anda tidak berfungsi secara normal. Maka dari itulah, kami akan berbagi sedikit dengan Anda tentang Tips-tips Merawat Aki Motor agar Tidak Mudah Soak.

Pada dasarnya aki dibedakan menjadi 2, yaitu :

Aki Basah 
Aki ini disebut aki basah karena di dalamnya memiliki cairan berupa asam sulfat (H2SO4). Dan untuk aki jenis ini diperlukan perawatan secara berkala, karena cairan di dalam aki harus tetap terjaga pada batas diatas minimal agar aliran arusnya bisa maksimal dan membuatnya tidak mudah rusak.

Aki Kering 
Aki ini mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit. Gel ini memiliki sifat yang sulit menguap, bahkan sekalipun menguap, sisa pembuangan uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki sehingga Anda tidak perlu melakukan proses isi ulang seperti pada aki basah. Oleh karena itu aki ini dikatakan maintenance free (bebas perawatan) dan tahan lama.

Saat ini sepeda motor Honda sudah menggunakan aki kering, kecuali tipe Honda CBR 250R Build Up Thailand.

Berikut adalah tips kami untuk merawat aku motor anda.

1. Perhatikan Penggunaan Aksesoris Pada Motor Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah lebih kepada cara penggunaan motor Anda sendiri. Usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor, terutama yang menggunakan energi listrik. Contohnya seperti menambah lampu-lampu lain sebagai hiasan, perangkat audio rakitan, atau mengubah tipe klakson motor melebihi batas yang dianjurkan.

Hal-hal sederhana ini justru akan membuat aki menjadi cepat soak dan berumur pendek.

2. Jangan Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa Apabila Motor Anda Susah Untuk Dinyalakan

Sebaliknya, gunakan starter manual (engkol) sebagai gantinya. Starter elektrik yang menggunakan aki sebagai sumber dayanya sebenarnya dirancang selain untuk mempermudah proses menyalakan motor, juga digunakan pada keadaan darurat seperti motor mati mendadak di jalan raya.

3. Nyalakan Motor Anda Minimal 15 Menit Setiap Harinya

Pada bagian dalam aki terdapat 2 buah plat (masing-masing memiliki kutub negatif dan positif) yang berbahan dasar kalsium timbal (PbCa). Dengan bantuan kiprok (sejenis Diode Bridge) yang menyuplai arus listrik ke aki, plat ini akan bereaksi dengan cairan asam sulfat dan menghantarkan energi listrik menuju komponen-komponen kelistrikan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, sel-sel yang terdapat di dalam aki akan menjadi mati (kering). Maka untuk mencegahnya, Anda harus menyalakan (memanaskan) motor Anda minimal 15 menit setiap harinya.

Perlu diingat, selalu gunakan starter manual untuk menyalakan motor dan jangan pernah memaksakan penggunaan starter elektrik apabila motor Anda susah dinyalakan.

4. Pada Saat Hendak Mematikan Motor, Usahakan Agar Komponen Kelistrikan Lainnya Seperti Head Lamp & Lampu Sign Dalam Kondisi Mati

Hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar.

Dengan penggunaan komponen kelistrikan motor secara bersama-sama pada saat motor dinyalakan hanya akan mengganggu kestabilan tegangan listrik pada motor Anda.

5. Selalu periksa Ketinggian Cairan Yang Terdapat Di Dalam Aki

Usahakan agar tidak melebihi batas atas dan bawah yang tertera. Jika sudah mendekati batas bawah, segera tambahkan cairan H2O (air suling) ke dalam aki hingga hampir menyentuh batas atas.

Meskipun cairan yang berada di dalam aki berupa asam sulfat (H2SO4), namun selalu gunakan H2O (air suling) untuk proses pengisian ulang aki untuk menjaga derajat keasaman (pH) cairan dalam aki.

6. Periksa Kondisi Kedua Terminal Aki

Bila perlu, kencangkan baut pada bagian sambungan terminal dan pastikan tidak ada kebocoran pada bagian sambungan atau katup terminal aki.

Kebocoran aki akan sangat berbahaya bagi motor dan keselamatan Anda, terutama sifat cairan asam sulfat (H2SO4) yang dapat mengikis logam (korosi) dan mudah terbakar. Selain itu, adanya kelonggaran pada bagian sambungan aki akan menyebabkan timbulnya kerak putih yang dapat menghambat proses aliran listrik menuju aki.

Apabila pada saat diperiksa ternyata sudah terdapat kerak putih, segera basuh dengan air panas dan gunakan sikat kawat untuk membersihkannya. Bila perlu, Anda dapat juga menggunakan bantuan cairan WD40 untuk mengatasi kerak yang susah dibersihkan secara manual.

7. Periksa Kondisi Kiprok Yang Mengalirkan Arus Listrik Menuju Aki

Komponen ini bertugas sebagai regulator untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama pada tahap pengisian. Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup atau menyala dengan tidak stabil, ada kemungkinan salah satu penyebabnya terletak pada kiprok yang mulai rusak dan harus segera diganti.

8. Periksa Apabila Ada Kebocoran Pada Bagian Badan Aki

Jika memang terjadi kebocoran, segera tukarkan aki lama Anda dengan aki baru yang dijual di bengkel-bengkel resmi Honda di sekitar Anda. Selain mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena aki mengandung bahan yang beracun dan mudah meledak.

SHARE ON  2 
Bila Kendaraan Tidak Bisa Distarter
Artikel berikut membahas tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan umur aki tidak optimal. Bila Anda ingin tau solusi sementara untuk aki yang soak/mobil yang mogok/tidak mau starter, silakan baca cara menjumper atau menjumpstart aki mobil yang soak.
Bila mobil/motor Anda tak bisa distarter, atau daya sinar lampu redup, sering sekali aki/accu yang disalahkan. Padahal belum tentu asal usul penyebabnya adalah aki. Fungsi utama aki dalam mobil/motor adalah sebagai penyalur daya untuk menghidupkan mesin, dan juga sebagai penyedia tenaga cadangan bagi keperluan mesin dan aksesoris kelistrikan dalam mobil (seperti AC, pelacak GPS, audio system) yang tidak dapat dipenuhi oleh alternator (dinamo ampere/pengisian/cas) mobil/motor.
Bisa saja memang akinya yang sudah melebihi batas umur penggunaannya, ataupun memang akinya yang sudah rusak/soak dan mengakibatkan mesin tidak bisa distarter/dihidupkan. Tapi ada begitu banyak komponen kelistrikan yang terangkai dan bekerja sama dengan aki pada kendaraan, dan mungkin salah satu dari komponen tersebut yang menjadi akar permasalahan atau penyebab soak atau rusaknya aki/accu mobil/motor. Beberapa di antaranya adalah:
Alternator/Dinamo Cas
Ada dua fungsi utama alternator: sebagai penyedia sumber listrik untuk menjalankan aksesoris kelistrikan pada mobil/motor (lampu, AC, audio system, TV, pelacak GPS, dsb) dan sebagai pengisi ulang daya kembali ke aki, dengan kata lain, sebagai charger aki. Nilai tegangan yang dihasilkan oleh alternator yang bagus dan normal adalah pada kisaran 13.4V – 14.8V. Bila alternatornya lemah, atau ada masalah, maka aki sebagai penyedia tenaga listrik cadangan yang harus bekerja ekstra keras untuk menyuplai tenaga menjalankan lampu, AC, radio, dsb. sampai aki tsb tekor/tidak mampu menyediakan tenaga listrik lagi.
Regulator/Kiprok
Fungsi regulator adalah mengatur dan membatasi aliran listrik yang masuk dari alternator ke aki. Pada kebanyakan mobil, regulator sudah menjadi bagian dari alternator. Pada motor, letaknya dekat di aki, dan dinamakan kiprok. Regulator yang baik akan mampu membatasi aliran listrik yang masuk ke aki pada batas atas 14.8V. Bila regulator rusak, tegangan yang masuk ke aki bisa di atas 15V, dan ini akan menimbulkan overcharging/overcas pada aki. Bila overcharging terjadi, maka suhu aki akan naik, air dalam aki bisa mendidih dan menguap hingga sel di dalam aki menjadi kering. Bila aki sudah kering, sering sekali terjadi short-circuit/arus pendek pada internal aki, yang mengakibatkan aki rusak.
Dinamo Starter
Dinamo starter bertugas untuk menghidupkan dan menjalankan perputaran roda gila/roda angin pada mesin untuk pertama kalinya. Untuk keperluan ini, dinamo starter menarik arus dari aki. Dinamo yang bermasalah akan menarik arus yang terlalu tinggi dbanding normal untuk menjalankan tugasnya, sehingga aki perlu bekerja keras untuk memenuhi permintaan dinamor starter. Ini bisa menyebabkan kerusakan internal pada aki. Bila keadaan ini terus berlangsung, aki akan cepat tekor dan rusak.
Tali kipas / V-belt / Timing-belt
Tali-tali penghubung/penarik alternator yang sudah aus bisa menyebabkan perputaran dinamo dalam alternator kurang maksimal, sehingga aliran listrik yang dihasilkan oleh alternator tidak memenuhi kebutuhan mesin dan aki.
Kabel-kabel penghubung
Kabel-kabel listrik penghubung aki ke alternator, aki ke aksesoris tambahan yang sudah aus, berkarat, korosi, longgar, atau terkontaminasi bisa menyebabkan aliran listrik yang tidak maksimal. Selain itu, kabel yang terkelupas dan menyentuh bagian logam dari mobil bisa menyebabkan grounding-out, di mana tenaga aki mengalir ke luar tanpa disadari hingga aki tekor.
Sekring
Sekring yang putus/rusak akan memutuskan rangkaian kelistrikan dalam mesin, dan secara otomatis dinamo starter atau aki takkan bekerja.
Perilaku penggunaan kendaraan
Aki mobil/motor dirancang untuk penggunaan SLI (Starting Light Ignition). Ini berarti voltase/tegangan aki mobil/motor harus selalu dalam keadaan tinggi. Bila kendaraan hanya digunakan sekali seminggu, atau hanya untuk jarak tempuh dekat dari rumah ke supermarket terdekat dengan AC menyala penuh, maka hal ini hanya akan menyebabkan pengecasan/pengisian aki yang tidak optimal. Aki baru bisa dicas secara optimal bila perputaran mesin dan alternator sudah optimal, cukup lama, dan sebanding dengan daya yang telah dikeluarkan oleh aki untuk menjalankan fungsi kelistrikan.
Perlu diingat bahwa aki mobil/motor dirancang untuk keperluan SLI (Starting Light Ignition), dan bukan untuk deep-cycle. Bila daya listrik aki mobil/motor dikuras terus hingga 50% atau lebih dari kapasitas totalnya, aki akan cepat rusak. Untuk mencegah hal tersebut, maka pengisian kembali/pengecasan/recharge aki secara optimal adalah hal yang paling penting untuk merawat dan mendukung umur aki/accu Anda.
Akimarts menyediakan jasa pengecekan kondisi aki mobil/motor dan memberikan konsultasi teknis secara GRATIS kepada pelanggan.
Tapi yang mau di bahas bukan si aki-aki yang itu.
Biarin aja.. orangnya lagi tidur.


Aki yang di maksud adalah ACCU atau Batery pada sepeda motor.

image

Kemarin seorang kawan bertanya…

Aki motor saya sering tekor ya, apa perlu ganti aki yang lebih gedhe..?

Nah… mungkin masbro juga ada yang mengalaminya… lalu mengambil solusi seperti di atas..? Benarkah masalah tekor bisa di atasi dengan mengganti kapasitas aki dengan yang lebih besar..??

Jawabannya bisa BENER bisa juga SALAH.

Mari kita pelajari systim pengisian dan system sumber daya pada kendaraan.

image

Kita perhatikan gambar di atas.
Pada sepeda motor… sumber daya listrik di dapat dari 2 buah sumber daya.
Pertama dari AKI… Kedua dari Sepul atau Altenator.

Kapan dan bagaimana kedua sumber daya ini bisa bekerja secara bergantian..?

Oke… jadi gini.

Pada sebuah rangkaian tertutup ( close circuit ) jika terdapat 2 buah sumber tegangan, maka yang di pakai adalah sumber yang memiliki tegangan lebih tinggi.

Pada keadaan motor ON dan mesin belum menyala, maka tegangan dari Sepul adalah NOL.
Pada kondisi ini Aki yang mensuply arus ke system kelistrikan motor.

image

Aki normal ( sehat ) memiliki tegangan di atas 12 Volt DC.
Angka 11 Volt masih bisa di toleransi, sedang di bawah 10 Volt merupakan angka warning, pertanda aki mulai tekor.

Nah… lalu apa beda istilah TEKOR dengan SOAK.
Tekor adalah dimana kondisi tegangan aki sudah di bawah standar ( 12 Volt DC )
Sedang SOAK adalah kondisi Aki mulai rusak atau tidak bisa menjalankan tugasnya sebagai penampung juga pemberi tegangan.

Aki tekor masih bisa di selamatkan dengan jalan di charge, sedang aki soak bisa di selamatkan dengan membawa sejumlah uang ke toko aki. Ganti baru maksutnya…

Jika motor masih standar… maka gantilah aki dengan kapasitas sesuai standar pabrikan.
Mau di gede’in…? Gak akan ada pengaruhnya.

Kok bisa…?

Aki di gunakan HANYA pada kondisi mesin masih belum menyala… dan sedikit terpakai ketika mesin menyala dalam keadaan langsam ( idle )
Ketika mesin sudah menyala, tugas aki berganti menjadi penampung arus listrik, karna tegangan aki di bawah tegangan sepul.
Sementara suply tegangan ke systim kelistrikan motor ditopang sepenuhnya oleh sepul dengan melewati kiprok terlebih dahulu sebagai penyearah dari AC ke DC.

image

Logikanya begini.

Sesuai hukum di atas… bahwa dari 2 sumber daya ( aki & sepul ) tegangan yang di pakai adalah tegangan yang lebih tinggi.
Pada kondisi mesin off atau kondisi langsam, tegangan aki lebih tinggi dari sepul, maka yang di pake adalah aki.
Ketika mesin hidup dan tegangan telah melampaui tegangan aki ( di kisaran 5000rpm ) maka sumber tegangan yang di pake adalah sepul.

Tegangan sepul saat mesin menyala ada di kisaran 13,8 – 14,2 Volt.
Jika tegangan di bawah 13 Volt bisa jadi pertanda sepul atau kiprok bermasalah.
Sedang jika tegangan sepul di atas 14,5 Volt… hmmm hati-hati… pertanda kiprok telah rusak dan siap- siap aki juga akan ikut jebol.

Pada type motor tertentu.. saya ambil contoh systim fullwave Honda Tiger, pada kiprok terdapat systim monitoring tegangan.

Maksudnya gimana..?

Aki juga bertugas sebagai penampung listrik, seperti halnya batre HP, jika sudah penuh masih tetep di charge… efeknya apa…?

OVERCHARGE

Pada systim fullwave Tiger pada kiprok terdapat PIN monitoring tegangan.
Bila tegangan aki sudah menyamai tegangan dari sepul ( full ) maka arus pengisian di putus oleh kiprok, sehingga aki aman dari OVERCHARGE.

image

Perhatikan gambar di atas.
PIN tengah terhubung dengan kontak sebagai monitoring, berbeda dengan kiprok jenis lain yang berkaki 4, biasanya minus fitur ini.
Soooo… inilah alasan kenapa kiprok Tiger paling kondang di pakai untuk upgrade dari halfwave ke fullwave.

Contoh pengaplikasian kiprok Tiger sebagai fullwave pada motor Yamaha.

image

Menjawab pertanyaan kawan ane di atas…
Apakah dengan mengganti aki dengan kapasitas lebih besar bisa mengatasi masalah tekor….?

Jawabannya BISA… jika memang kebutuhan listrik motor sudah melebihi dari standar, misal pasang lampu HID, klakson Keong dll.
Karena tekornya disini di sebabkan jumlah arus pemakaian tidak seimbang dengan pengisian ( pemakaian > pengisian )
Hal ini juga bisa menimpa pada motor standar.. misal motor hanya di gunakan harian dengan jarak tempuh pendek.
Pada kasus ini pun aki akan cepet tekor karena pemakaian tidak sebanding dengan pengisian.

Langkah apa yang mesti di tempuh jika aki sering tekor.

Jika karena penambahan part variasi seperti HID , klakson dll, maka kita harus memperbesar arus pengisian dengan mengganti kiprok yang lebih besar agar arus pengisian juga besar.
Penambahan kapasitas aki tanpa di barengi penggantian kiprok sepertinya gak akan berpengaruh besar.
Logikanya… buat apa sedia bak besar jika keran yang mengalir kecil.

Lalu langkah apa yang mesti dilakukan jika aki sering tekor pada kondisi motor masih standar.
Lakukan managemen daya, misalnya dengan menyalakan motor dengan kick starter atau lakukan penggantian bohlam-bohlam dengan type LED agar pemakaian arus tidak begitu terkuras.

Dengan mengetahui kondisi aki kita bisa melakukan tindakan prefentif agar aki tidak tekor.

Bagaimana cara mengetahui kondisi aki..??

Salah satunya dengan memasang Voltmeter.

image

Mungkin sebuah masukan buat pabrikan agar menambahkan fitur Voltmeter agar kondisi aki bisa terpantau lebih mudah dan informatif.

Betul…???

Semoga berman
Beberapa hal yang bikin salah paham mengira aki mati…
Posted by smartfaiz on 4 Januari 2015
Posted in: honda tiger, kelistrikan, Perawatan Motor. Tagged: aki, arang, bendik stater, brush, cara, dinamo, elektrik stater, gejala, honda tiger, kelistrikan, kiprok, korslet, masalah, mati, mengecek, motor, perkabelan, problem, spul, tanda, tips, trik. 10 Komentar
Aki motor saat ini menjadi hal yang vital bagi motor. Motor SF yang masih karburator saja kebingungan saat aki mati… meskipun motor bisa nyala namun beberapa fungsi dari parts motor terganggu. Misalkan speedo meter ngaco (pada tiger jarum RPM akan ngaco), lampu redup, bel ga berfungsi, nyala sein ga normal dan motor tidak bisa dihidupkan melalui elektrik stater. Pada motor injeksi peranan aki lebih vital lagi… meski pada beberapa motor injeksi dapat hidup dalam kondisi aki drop namun hal tersebut berpengaruh pada komponen elektronik yang mengatur pengkabutan dan pengapian motor (ECU).

Kali ini SF ingin membahas mengenai motor yang tidak dapat dihidupkan melalui elektrik stater. beberapa hal bikin kita tertipu akan hal tersebut, karena sebagian besar mengira akinya bermasalah. berikut tips dari SF saat menghadapi kegagalan tersebut.

1. cek dulu kesehatan aki melalui klakson motor… klakson membutuhkan daya lumayan besar. saat klakson bersuara kencang saat difungsikan (kondisi kontak on tanpa menyalakan mesin) kemungkinan besar aki masih sehat.

2. jika aki masih berfungsi, cek bendik stater. Bendik ini berupa tabung kecil dengan 2 konektor di salah satu ujungnya. Biasanya tanda bendik stater mati, saat tombol stater dipencet tidak ada bunyi (bunyi lemah)  “cetak” pada bendik. untuk mengujinya tinggal hubungkan kedua kutub bendik dengan obeng. jika dinamo stater nyala maka dipastikan bendik stater perlu diganti.


bendik stater pic:motomotif.wordpress.com
3. cara jumper bendik stater diatas tidak berfungsi meskipun aki dalam kondisi aki sehat? kemungkinan arang dinamo stater sudah aus dan minta ganti.  Kasus SF dulu sebelum dinamo stater mati elektrik stater bermasalah (kadang mati kadang hidup) . Saat elektrik stater ngambek, SF ketok saja saja dinamo staternya, eh langsung nyala dia :)


pic:warungdohc
4. hal diatas dapat dideteksi jika aki menandakan tanda- tanda sehat. Bagaimana jika aki drop setrumnya… ? bagi motor tua cukup kompleks juga masalahnya. Apalagi jika aki baru beberapa bulan trus modiar .. Perhatikan hal-hal berikut :

a. langkah pertama dan paling penting, cek sekring. jika terputus kemungkinan ada korslet. Ganti dulu sekringnya. untuk sekring model tabung sekalian bersihkan konektor tembaganya pake kertas gosok atau benda tajam. konektor berumur biasanya kotor sehingga tidak mau menghantarkan listrik.

b. cek dan bersihkan konektor dan soket yang ada… soket yang vital ada di keluaran spul (pada tiger disebelah kiri diatas tutup gir depan) serta soket yang menancap pada kiprok.

c. Cek jalur perkabelan dari keluaran spul ke arah kiprok hingga ke aki . pastikan tidak ada kabel terputus atau luka. Kasus pada tiger SF dulu, salah satu kabel sering terjadi panas berlebih hingga gosong. paling parah soket kiprok leleh dan bahkan spul pengapian mati tewas. Usut punya usut ternyata ada kabel tersembunyi dibalik filter udara (benar2 tersembunyi dari pengamatan) yang lecet dan kadang kala menempel pada bodi. karena jalur ini tidak terjangkau sekring jadinya efeknnya mempengaruhi arus menuju kiprok bahkan merusak spul.

d. Cek kesehatan kiprok. tanda awal kiprok tewas adalah bohlam mudah putus.

e. Cek spul kelistrikan… tiger SF dulu pengapian masih nyala meskipun motor brebet. stater pagi hari tobat susahnya. kalau pada tiger SF ngecek dengan cara menempelkan arus keluar dari spul (klo ga salah warna kuning) ke rangka / mesin jika ada percikan api, berarti spul aman.

beberapa informasi diatas berdasarkan pengalaman 10 tahun pegang tiger dan beberapa tahun pegang spin dan ninja. sempat juga ketipu gara2 hal diatas… aki sudah diganti baru, eh motor masih ngadat… eh ternyata bukan aki masalahnya…. :) maklum SF ga paham kelistrikan… harusnya pakai AV meter sumber masalah bisa terdeteksi tanpa trik aneh2 ini… berhubung SF ga ada alatnya dan ga bisa memfungsikannya jadi ya otodidak… :)

beberapa montir pemula yang tak paham kelistrikan biasanya asal nuduh saja… kalau sudah gini ada baiknya ke montir berpengalaman (cari info dar komunitas motor, biasanya mereka punya bengkel rekomendasi) atau ke bengkel resmi dengan mekanik senior.
Pengguna pembaca layar, klik di sini untuk mematikan Google Instan.
azis
Google


aki motor ga nyala


WebGambarBeritaMapsLainnyaAlat penelusuran
Sekitar 118.000 hasil (0,39 detik)
Request allShow as CSVSavehl:gl:Reload
PR I L LD I Rank Age Rank
Hasil Telusur
1.
Beberapa hal yang bikin salah paham mengira aki mati ...
smartf41z.com/.../beberapa-hal-yang-bikin-salah-paham-mengira-aki-ma...
4 Jan 2015 - Aki motor saat ini menjadi hal yang vital bagi motor. Motor SF yang masih karburator saja kebingungan saat aki mati... meskipun motor bisa ...
 SEOquake PR: n/a I: 12,200 L: 0 LD: 41 I: 5.020 Rank: 477458 Age: November 10, 2013 whois source Rank: 34904251
2.
new MAZPED.COM » Aki Tekor…. Salah Aki, Sepul atau ...
mazped.com/2014/12/03/aki-tekor-salah-aki-sepul-atau-kiprok/
3 Des 2014 - Aki motor saya sering tekor ya, apa perlu ganti aki yang lebih gedhe. .... bah… wekku nek posisi bar mati suwe kok cuma 11, sekian ya…
 SEOquake PR: n/a I: 1,470 L: 0 LD: 76 I: 1.760 Rank: 698703 Age: January 16, 2013 whois source Rank: 27685444
3.
Bila Kendaraan Tidak Bisa Distarter - Akimarts - Your ...
www.akimarts.com/bila-kendaraan-tidak-bisa-distarter/
Bila mobil/motor Anda tak bisa distarter, atau daya sinar lampu redup, sering ... AC, radio, dsb. sampai aki tsb tekor/tidak mampu menyediakan tenaga listrik lagi. ... dekat dari rumah ke supermarket terdekat dengan AC menyala penuh, maka ...
 SEOquake PR: n/a I: 26 L: 0 LD: 0 I: 12 Rank: 4308593 Age: November 22, 2010 whois source Rank: 11977350
4.
8 Tips Merawat Aki Motor Agar Tidak Mudah Soak
www.hondacengkareng.com › Perawatan Motor
13 Nov 2014 - Oleh karena itu aki perlu dirawat agar tidah mudah soak (mati). Bayangkan saja apabila aki motor Anda soak, anda mungkin akan mengalami ...
 SEOquake PR: n/a I: 614 L: 0 LD: 63 I: 1.840 Rank: 116999 Age: October 27, 2010 whois source Rank: 714496
Gambar untuk aki motor ga nyalaLaporkan gambar
Hasil gambar untuk aki motor ga nyala
Hasil gambar untuk aki motor ga nyala
Hasil gambar untuk aki motor ga nyala
Hasil gambar untuk aki motor ga nyala
Hasil gambar untuk aki motor ga nyala
Gambar lainnya untuk aki motor ga nyala
5.
Checking Kelistrikan…yang masalah Accu apa Kiproknya ...
5osial.com/.../checking-kelistrikan-yang-masalah-accu-apa-kiproknya-si...
21 Mei 2010 - ada beberapa hal yang bikin accu cepet mati…beban lampu yang .... Elco , bisa nyala , tapi jalan 5Km.an Aki ngadat motor mati , bawa balik ke ...
 SEOquake PR: n/a I: 2,650 L: 0 LD: 14 I: 2.310 Rank: 773031 Age: January 3, 2015 whois source Rank: 9298183
6.
5 Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Turun Daya - Autotekno
autotekno.sindonews.com/.../5-penyebab-aki-sepeda-motor-cepat-turun-...
Minggu, 12 April 2015 − 22:30 WIB 5 Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Turun Daya Aki sepeda motor. ... Shockbreake Mobil Mati Bisa Sebabkan Kecelakaan.
 SEOquake PR: n/a I: 21,600 L: 0 LD: 101 I: 15.300 Rank: 2173 Age: March 2, 2014 whois source Rank: 699760
7.
Indikator Netral pada motor tiba2 mati, padahal aki motor ...
https://syahrulariefx.wordpress.com/.../indikatro-netral-pada-motor-tiba2...
24 Des 2012 - mungkinbeberapa temen ada yg pernah mengalami ketika sebelumnya indikator netral (N) pada motor sebelumnya menyala tiba2 saja mati ...
 SEOquake PR: n/a I: 59 L: 0 LD: 0 I: 72 Rank: n/a Age: May 7, 2010 whois source Rank: n/a
8.
sistem kelistrikan sepeda motor mati? | Yahoo Answers
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid...
17 Mei 2013 - sob motor ane sistem kelistrikannya mati padahal aki sudah diganti kenapa ya? pas kunci kontak on lampu indikator ga nyala semua klakson ...
motor saya baru ganti aki, tapi stater nya gk bisa nyala? 10 Mei 2014
kiprok tanpa aki bisa nyalain lampu motor ga..? 29 Mar 2014
Kenapa Motor saya sulit di starter? 28 Mar 2014
Mesin Mati Mendadak Gara2 Aki? 29 Okt 2012
Telusuran lainnya dari id.answers.yahoo.com
 SEOquake PR: n/a I: 855,000 L: 0 LD: 3033 I: 191.000 Rank: 5 Age: June 21, 2007 whois source Rank: 8
9.
Periksa Accu dan Kiprok | Gilamotor
www.gilamotor.com/2010/03/periksa-accu-dan-kiprok/
15 Mar 2010 - Menganalisa masalah kelistrikan motor memang terkadang gampang-gampang susah. Ada masalah pada lampu yang tak mau menyala atau ...
 SEOquake PR: n/a I: 66,800 L: 0 LD: 64 I: 30.100 Rank: 289001 Age: July 2, 2006 whois source Rank: 21438311
Penelusuran yang terkait dengan aki motor ga nyala
indikator aki nyala mati
aki mati pada motor injeksi
aki mati mobil matic
aki mati mendadak
aki mati total
aki kering mati
memperbaiki aki kering mati total
penyebab aki mati
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Berikutnya
Jakarta - Dari alamat internet Anda - Gunakan lokasi yang akurat - Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar